Feature Post

Sabtu, 07 Februari 2009

Cerita Indonesia


Pangsar Soedirman dan Soeharto

Filed under: BAPAK BANGSA, SOEHARTO — kapucino @ 5:02 pm
Tags: , ,

Soeharto Berkuda ke KarangmojoPangsar Soedirman Bersama Soeharto Sebelum Kembali Ke Yogyakarta

Pangsar Soedirman Menerima Penghormatan Pasukan KehormatanPemeriksaan Pasukan Kehormatan

“Lebih baek di bom atom dari pada merdeka kurang dari 100 prosen” , demikianlah tanggapan Panglima Besar Soedirman terhadap Soekarno - Hatta yang lebih memilih jalur perundingan dengan Belanda. Sejarah mencatat bagaimana heroiknya perjuangan gerilya Panglima Besar Soedirman kurang lebih 7 bulan melintasi hutan dan gunung di Jawa Tengah - Jawa Timur.

Setelah Ibu Kota Yogyakarta berhasil direbut kembali, Soeharto diminta oleh Sri Sultan Hamengku Buwono IX, untuk menjemput Pangsar Soedirman di Karangmojo yang jalannya sudah dihancurkan, Soeharto menuju ke Karangmojo menggunakan kuda. Pangsar Soedirman akhirnya kembali ke Yogyakarta disambut oleh Pasukan Kehormatan di Alun-alun, yang merupakan upacara penghormatan terakhir kepada Panglima Besar Soedirman sebelum beliau meninggal dunia 29 Januari 1950.

Photo-photo diatas berasal dari buku “Soeharto, Pikiran, Ucapan, dan Tindakan Saya”. Menghiasi awal-awal halaman buku tersebut.

Pelantikan Gubernur DKI Jakarta

Filed under: SOEKARNO — Iman Brotoseno @ 12:28 pm
Tags:

ali sadikin 1967
Pada bulan April 1966, Bung Karno mengangkat May Jend KKO Ali Sadikin sebagai Gubernur baru DKI Jakarta. Waktu itu ia masih berusia 37 tahun. Bang Ali, adalah salah satu gubernur yang paling populer sampai sekarang. Dalam memoarnya, Bang Ali mengatakan salah satu alasan mengapa Bung Karno memilihnya karena Ali Sadikin terkenal sebagai sosok yang keras kepala. Koppeg dalam bahasa Belanda.


Wafatnya Sutan Syahrir

Filed under: BAPAK BANGSA, TAHANAN POLITIK — Iman Brotoseno @ 6:10 am
Tags:

kematian syahrir

9 April 1966. Saat berpulangnya salah seorang bapak bangsa, Sutan Syahrir di Swiss. Walau dalam status tahanan politik, pemerintah yang berkuasa tetap mengijinkan dan menanggung biaya pengobatan di luar negeri selama hampir setahun. Tampak istrinya dan anak anaknya Krya Arsyah ( Buyung ) dan Siti Rabiah Parvati ( Upik ) menunggu jenasah di rumah sakit.

Foto : Buku ” Manusia Dalam Kemelut Sejarah ” LP3ES


Tiga Serangkai

Filed under: BAPAK BANGSA, KEMERDEKAAN — Iman Brotoseno @ 11:04 am
Tags:


………………….Kami bicara padamu dalam hening di malam sepi/ Jika ada rasa hampa dan jam dinding yang berdetak/Kenang, kenanglah kami/ Teruskan, teruskan jiwa kami
Menjaga Bung Karno
menjaga Bung Hatta
menjaga Bung Sjahrir
Kami sekarang mayat/Berikan kami arti/Berjagalah terus di garis batas pernyataan dan impian/
Kenang, kenanglah kami/yang tinggal tulang-tulang diliputi debu/Beribu kami terbaring antara Krawang-Bekasi
( Chairil Anwar )

Perjalanan dinas menteri 1947

Filed under: BAPAK BANGSA, KEMERDEKAAN — Iman Brotoseno @ 4:18 am
Tags:

menunggu-kereta.jpg

Ilustrasi diatas adalah perjalanan dinas para Menteri Menteri Republik ketika meninjau front Jawa Timur. Mereka menunggu kereta di stasiun Mojokerto yang akan membawa kembali ke Jogjakarta. Tak ada uang dinas perjalanan, tak ada ruang tunggu VIP. Dari kiri ke kanan, Mr. Tan Po Goan ( Menteri Negara ), Mr. Amir Syarifuddin ( Menteri Pertahanan ), Agus Yaman ( Badan Penghubung ), Mr.Maria Ulfah ( Menteri Sosial ), Dr.Johannes Leimena ( Menteri Kesehatan ), Mr. Ali Budiardjo ( Sekretaris Negara ), Adnan Kapau Gani ( Menteri Kemakmuran ) dan Sutan Syahrir ( Perdana Menteri )


Bali 1912

Filed under: BUDAYA — Iman Brotoseno @ 5:23 am
Tags:

bali-in-1912.jpg

Dokumentasi perjalanan dari Dr. Gregor Krause, seorang dokter jerman yang ditugaskan di Hindia Belanda pada tahun 1912. Foto diatas bercerita tentang sebuah pasar di Bangli, pedalaman Bali.

0 komentar:

:)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

 

About Me

Foto saya
Pembina di SMK Negeri 4 Bojonegoro Mulai Dari Bedirinya Sekolah Sampai Sekarang

Copyright © 2009 ELRUDIANSYAH.COM Your description or other HERE

Design by grafisae - Powered by Blogger